Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Hidroponik

Penanaman menggunakan sistem hidroponik sebenarnya sudah segera dikembangkan. Ini kemudian menjadi solusi hidroponik untuk para petani dan memberi harapan baru untuk dapat memberikan lebih banyak dari biasanya. Sistem hidroponik diyakini memiliki banyak keuntungan yang sangat mengguntungkan bagi petani, tetapi bahkan kemudian hidroponik tetap memiliki kelemahan.

Keuntungan dari sistem hidroponik


Keuntungan sebagai berikut diperoleh ketika kita menanam menggunakan sistem hidroponik
  • Tanaman yang dihasilkan jauh lebih sehat, karena tidak menggunakan pestisida seperti pada lahan pertanian. Hal ini dapat dicapai dengan menempatkan tanaman di rumah kaca hidroponik sehingga hama tidak akan bisa masuk dan kurang merusak tanaman.
  • Petani dapat menghasilkan Meskipun cara menanam kangkung hidroponik tanah menakjubkan kondisi tidak baik atau tercemar. Di beberapa tempat banyak lahan kosong tapi tidak bisa ditanam karena beberapa alasan seperti Rocky, tanah berpasir, atau tanah yang terkontaminasi. Pada tanah berpasir memiliki kandungan hara kanduhan banyak kurang sehingga tidak cukup untuk pertumbuhan tanaman dan jika masih ditanam tidak akan mendapatkan baik hasil. Sedangkan di tanah yang tercemar di daerah bahwa pabrik dan pabrik limbah terkontaminasi tanah akan biasanya serampangan dan sulit untuk penanaman dan penanaman jika hasilnya tidak akan baik bahkan berbahaya tepat bila dikonsumsi.
  • Penggunaan pupuk dan air lebih efisien. Dalam sejumlah sistem hidroponik air aliran diatur sehingga tidak akan menyalurkan air untuk diberikan. Sementara jumlah pupuk yang digunakan adalah diukur seakurat mungkin dan disesuaikan dengan jenis tanaman tumbuh dan disesuaikan dengan tahap pertumbuhan tanaman kapas.
  • Penggunaan lahan yang lebih efisien. Sistem hidroponik memiliki pola tanam pengaturan disesuaikan dengan jenis tanaman dan dapat diatur atas jumlah tanaman tumbuh begitu juga akan lebih dan lebih. Tidak dapat hanya disusun selama tetapi dapat juga disesuaikan dengan tempat kita akan menanam seperti dipekarangan rumah kita dapat membentuk seseua dengan ukuran halaman rumah yang kita miliki.
  • Kualitas dan kuantitas produksi. Pola tanam yang jauh lebih pendek tanaman dapat membuat diusahan berkali kali lebih sehingga tanaman yang diperoleh juga akan menjadi lebih dan lebih. Untuk mencapai kualitas dapat diusahanakn dengan menggunakan tanaman sehigga nutrisi yang tepat dapat menjadi lebih segar dan kualitas jauh lebih baik.
  • Hama kontrol yang lebih mudah. pengendalian hama lebih mudah karena petani dapat mengontrol pabrik melalui asupan nutrisi dan air sehingga hal-hal yang pergi pada tanaman lebih aman dan dapat menjaga tanaman dari penyakit.
  • Tidak perlu memerlukan banyak tenaga kerja. Berbeda dengan sistem konvensional yang menggunakan banyak tenaga kerja karena proses dan tahapan yang panjang pada sistem hidroponik kita dapat menghemat tenaga kerja karena kontrol dilakukan secara terpusat sehingga tidak memerlukan banyak tenaga kerja.


Kekurangan sistem hidroponik


Berikut adalah beberapa kekurangan yang ditemukan dalam sistem hidroponik:
  • Perlu modal yang besar. Banyak dari peralatan yang digunakan dapat tidak diproduksi sendiri jadi harus membeli. Ini membuat biaya yang dikeluarkan untuk membuat hidroponik menjadi jauh lebih besar terutama pada awal periode tanam.
  • Peralatan yang diperlukan cara menanam strawberry di polybag masih sulit diperoleh. Di Indonesia belum banyak perusahaan yang membuat peralatan khusus untuk tujuan hidoponik begitu banyak alat-alat yang agak sulit untuk diperoleh apalagi daerah jauh dari perkotaan.
  • Membutuhkan tingkat presisi yang lebih tinggi. Untuk menghasilkan kualitas tinggi tanman mengambil banyak presisi tinggi. Sebagai contoh penggunaan pupuk yang harus sesuai dengan kebutuhan tanaman karena tanaman gizi kekurangan jika tanaman tidak akan tumbuh.
  • Dalam sistem hidroponik sistem kesalahan dapat berakibat fatal terhadap tanaman di NFT hidroponik di pengoprasiannya menggunakan listrik ketika listrik padam kemudian sistem akan menghentikan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman.

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Hidroponik"

Post a Comment